Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Mengenali Khasiat Daun Sirsak

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh,- Tanaman sirsak atau yang dikenal dalam bahasa ilmiah dengan nama annona muricata merupakan salah satu tanaman tropis yang banyak tumbuh di indonesia. Daun dari tanaman ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan sehingga tidak ada salahnya jika kita bisa mengenal tanaman yang satu ini.

Sejarah Tanaman Sirsak

Tanaman sirsak adalah tanaman yang sering dikenal masyarakat indonesia. Meskipun banyak tumbuh di Asia, tanaman sirsak berasal dari karibia, Amerika Tengah yang kemudian menyebar ke benua lainnya seperti ke Eropa dan Asia. Menurut sejarah tanaman ini masuk ke indonesia dan dibawa oleh kolonial Belanda sekitar abad ke 19. Kata sirsak sendiri berasal dari kata dalam Bahasa Belanda “Zuurzak” yanga berarti kantung asam. Di Indonesia,setiap daerah menyebutnya dengan nama yang berbeda misalnya di jawa, masyarakat menyebutnya dengan istilah Nangka Landa, sementara di Sunda, tanaman buah ini dikenal dengan naman nagka walanda dan masyarakat bali sebagai srikaya jawa.

Kandungan Daun Sirsak

Daun tanaman sirsak ini mengandung berbagai senyawa aktif yang bermanfaat dan memiliki efek farmakologi terhadap tunuh manusia.diantara kandungan daun sirsak yang telah terbukti secara ilmiah yaitu senyawa flavoloid, alkaloid, tanin, saponin, fitosterol, vitaminA, B, dan eserta kalsium dan senyawa lainnya termasuk fosfor dan asam oksalat. BErdasarkan penelitian terkini, senyawa yang terkandung daun sirsak adalah senyawa annonaacetogenins yang diyakini memiliki efek anti oksida yang tinggi.

Penelitian Seputar Daun Sirsak

Setelah daun sirsak populer bahan bagian dari pengobatan herbal, semakin banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan khasiat daun sirsak. Ada beberapa peneliti yang yang pernah dilaksanakan terkait dengan daun sirsak antara lain:

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang bernama Mardiana pada tahun 2011, mengungkapkan bahwa daun sirsak mengandung senyawa annona scetogenins yang memiliki efek yang sitotoksik atau mampu membunuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Penelitian ini juga diperkuat oleh Retnani di tahun 2011 yang menyatakan bahwa daun sirsak mampu menghambat proferasi sel kanker dengan menurunkan kemampuan sel kanker untik menghasilkan energi yang dibutuhkan dalam pembelahan

Penelitian berikutnya dilakukan oleh Ramdani pada tahun 2009 membuktikan bahwa daun sirsak mengandung senyawa flavonoid yang berperan sebagai zat antioksidan kuat yang mampumenetralisir efek radikal bebas.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kita

Daun sirsak yang kaya akan zat aktif memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat yang cukup menakjubkan. Sekarang daun sirsak menjadi bembicaraan umum khususnya penderita kanker dan penyakit lainnya. Agar mengenal manfaat dan khasiat daun sirsak, simak penjelasan dibawah ini:

Baca juga: Khasiat Buah atau Sayuran Tomat Untuk Kesehatan Tubuh

1.Mencegah Kanker

Daun sirsak adalah salah satu tanaman herbal yang baik sebagai obat penyakit kanker yang cukup efektif, bahkan beberapa kalangan menyimpulkan bahwa efek sitotoksi senyawa aktif dalam daun sirsak mempunyai efek 10000 kali lebih kuat dibandingkan dengan pengobatan kemoterapi. Hal ini di karenakan senyawa annona acetoginins dalam daun sirsak dapat mencegah pertumbuhan sel kanker yang mematikannya.

2.Mengatasi Masalah Radang

Bukan hanya memiliki efek anti kanker, daun sirsak mempunyai efek antiinflamasi yang bisa mengatasi masalah radang yang terjadi pada tubuh. Peradangan biasanya disebabkan oleh serangan infeksi kuman yang tidak dapat diatasi  oleh sistem imun saja akibatnya tubuh mulai bereaksiterhadap serangan tersebut dengan berbagai macam gejala.

3.Mengatasi Demam

Bila kalian menderita demam dan memiliki obat untuk menurunkan panas jangan cemas karena air rebusan daun sirsak juga bisa memiliki efek yang hampir sam denga paracetamol dan obat penurun panas yang lain. Hal ini dikarenakan dalam daun sirsak mengandung banyak senyawa aktif yang dapat menurunkan suhu tubuh karena demam.

4.Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit adalah salah satu indikator kesehatan tubuh kita. Bila kulit yang sehat biasanya Menandakan kesehatan tubuh seseorang. Sebab daun sirsak mengandung senyawa flavonoid yang bertindak sebagai zat anti oksida sebagai yang bisa menangkap efek radikal bebas. Kaya yang kita ketahui bahwa radikal bebas yang berasal dari polusi dan makanan dapat merusak kulit dan dapat menimbulkan pada jaringan kulit. Daun sirsak yang ditumbuk lalu dioleskan pada wajah membantu menghilangkan jerawat yang disebabkan oleh bakteri P.acne,

5.Mencegah dan Mengobati Diabetes

Diabetes atau sering disebut kencing manismerupakan akar permasalahan bagi masyarakat modern karena penyakit ini kebanyakan muncul karena pola hidup yang kurang sehat. Berdasarkan penelitian.ekstrak daun sirsak tergolong sebagai senyawa metanolik yakni streptozoncin yang mampu merangsang pankreas agar memproduksi insulin sekaligus meningkatkan kesensitifan insulin terhadap kenaikan kadar gula dalam darah.

6.Mengobati Malaria

Menurut data departemen kesehatan, penyakit malaria merupakan suatu penyakit epidemik yang masih memiliki jumlah kasus yang luamayan besar diindonesia. Hal ini disebabkan serangan penyakit malariayang di sebabkan oleh nyamuk Anopheles dan Plasmodium ini seringkali tidak terduga.kita ketahui bahwa daun sirsak mengandung senyawa pentane yang mampu membunuh kuman plasmadiumyang merupakan penyebab malaria.

7.Mengobati Penyakit Hati

dai Negara Ghana, daun sirsak ini sudah lama digunakan untuk menyembuhkan penyakit hatiseperti penyakit jaundice dan yang dikenal penyakit kuning. Yang mampu memberikan efek hepatoprotektif atau melindungi sel hati dari kerusakan serta membantu proses ditoktifikasi yang dilakukan oleh organ hati yaitu senyawa metanolik.

8.Memperkuat Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh manusia berfungsi sebagai alat melindungi tubuh dari serangan penyakit yang diakibatkan oleh makanan,polusi, dan mikroorganisme. Daun sirsak mengandung senyawa antioksidan kuat serta mineral zinc yang mampu memperkuat sistem imun atau sistem kekebalan tubuh manusia agar tidak rentan untuk terkena penyakit.

9.Mengobati Sakit Maag

Maag merupakan suatu penyakit yang biasanya dianggap sepele oleh banyak orang, Meski demikian penyakit ini mampu membuat tersiksa ketisa sedang kambuh. Air rebusan sirsak ternyata bisa mengobati penyakit maag karena mengandung senyawa antiinflamasi dan anti ulceritis yang terbukti mampu mengurangi produksi asam lambung.

10.Mempercepat Penyembuhan Luka

Membalukan amaps daun sirsak pada kulit ternyata bagus untuk mempercepat penyembuhan luka kareana berdasarkan penelitian Maghadamtousi et al, daun sirsak mengandung senyawa etil asetat dan antioksida kuat yang mampu mempercepat tumbuhnya jaringan sel yang baru sekaligus memperbaiki sel yang rusak.

Cara menggunakan Daun Sirsak

Agar dapat menggunakan daun sirsak sebagai obat herbal, kalian tidak perlu repot-repot untuk mengolahnya. Cukup dengan merebus 5 sampai 10 helai daun sirsak dengan 3 gelas air hingga mendidih dan airnya menjadi dua gelas. Sesudah itu air rebusan daun sirsak bisa diminum minumal 2 kali perhari samakan dengan penyakit yang anda derita. Buat mengobbati luka daan penyakit kulit lainnya, tumbuk beberapa helai daun sirsak lalu oleskan pada kulin yang terkena luka.

Efek Samping dan Konta Indikasi Daun Sirsak

Daun sirsak memang banyak manfaatnya tapi tidak lepas dari itu ada juga efek sampingnya yang dapat berakibat fatal pada kesehatan. pada penelitian ternyata daun sirsak memiliki senyawa mirip alkohol apabila dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan mabuk atau hilang kesadaran pada dedeorang. Bukan hanya itu efek antibakteri dari daun sirsak juga hapus diwaspadai, bukan hanya membunuh bakteri dalam tubuh,senyawa tersebut juga dapat membahayakan bakteri baik yang ikut berperan daran sistem kekebalan tubuh manusia. Apalagi bagi wanita hamil sebaiknya janga menkonsumsi daun sirsak kareana akan menyebabkan buang air terus menerus sebab daun sirsak diduga mengandung diuretik yang dapat memicu pengeluaran air seni atau urinasi.

Sumber: http://www.masalahkesehatanku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*