Manfaat Dadap Ayam Bagi Kesehatan

Manfaat Dadap Ayam Bagi Kesehatan

Manfaat Dadap Ayam Bagi Kesehatan,- Dadap ayam merupakan salah satu jenis pohon asli dari Indonesia. Dadap ayam termasuk ke dalam keluarga papilionaceae. Pada pohon ini bisa tumbuh mencapai 15 M, batangnya sedikit bengkok dan kayunya lunak. Pohon ini tumbuh di tempat terbuka, tanah-tanah yang berpasir dan juga lembab. Tanaman ini juga biasanya bisa tumbuh di tepi sungai.

Manfaat Dadap Ayam Bagi Kesehatan

Tanaman dadap ayam ini sudah banyak dibudidayakan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Tetapi, memang tidak sebanyak budidaya tanaman hias. Budidaya tanaman dadap ayam di daerah perkotaan kebanyakan sering dijadikan sebagai keperluan edukasi, sedangkan budidaya di daerah pedesaan biasanya suka dijadikan sebagai bahan obat tradisional. Budidaya dadap ayam juga dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu stek dan penyebaran biji. Pertumbuhan dari tanaman ini relatif sangat cepat, sehingga pada proses penanaman melalui penyebaran biji masih sangat efektif.

Baca Juga: Manfaat Daun Cempaka Kuning Untuk Kesehatan

Dadap ayam juga memiliki kandungan kimia alkaloid yang beracun. Alkaloid yang dimaksud adalah hypaforin, erysidin, erysovin, erythrin, erysonim yang sifatnya mendepresi susunan saraf pusat. Bukan hanya itu, di dalam tanaman dadap ayam ini juga terdapat kandungan kimia yang berupa saponin dan glukosida sianida.

Dadap ayam juga sangat berkhasiat sebagai obat yang mujarab. Kulit batang dan juga daun dadap ayam masak selama kurang lebih 1/4 jam. Kemudian dinginkan sebentar, dan setelah itu airnya bisa diminum. Air rebusannya sangat bermanfaat untuk penyembuhan demam, asma, diare, disentri, serta air kencing yang mengandung darah.

Selain hanya dengan merebusnya, cara lain untuk mengolah daun dadap ayam ini adalah dengan cara ditumbuk saja. Setelah ditumbuk, pada daun ini diberi sedikit tambahan air. Tumbukan daun dadap ayam dengan menggunakan campuran air ini bisa berguna untuk penyembuhan penyakit kulit.

Manfaat Dadap Ayam Bagi Kesehatan

1.Mengatasi disentri

Disentri merupakan suatu infeksi yang menyerang pada bagian usus sehingga dapat mengakibatkan terjadinya diare dengan lendir dan darah. Cara untuk mengobati dan mengatasi disenrei ini, anda dapat memanfaatkan daun dadap ayam. Dan caranya adalah dengan mengonsumsi ramuan dari campuran dadap ayam yang sebelumnya sudah dihaluskan kemudian dicampurkan pada minyak jarak.

2.Mengatasi cacingan

Manfaat dari dadap ayam yang selanjutnya yaitu dapat mengatasi dan mengobati cacingan. Penyakit cacingan dapat menyerang ke semua kalangan, entah itu anak-anak maupun orang dewasa. Adapun beberapa gejala cacingan yang biasanya sering dialami oleh semua kalangan dan gejalanya pun sangat bervariasi, seperti badan menjadi kurus, perut buncit, demam, wajah pucat dan lain sebagainya. Untuk cara mengatasinya, anda dapat mengkonsumsi ramuan dari daun dadap ayam yang dihaluskan dan dicampurkan dengan madu.

3.Mengobati gangguan insomnia

Insomnia merupakan suatu gangguan sulit tidur, yang dapat dialami oleh kebanyakan orang di zaman sekarang. Bagi anda yang mengalaminya, dapat anda manfaatkan kegunaan dari daun dadap ayam untuk mengatasi insomnia. Dan adapula caranya yang dapat dimanfaatkan untuk lalapan ataupun sayuran.

4.Mengatasi rematik

Penyakit asam urat atau rematik merupakan salah satu penyakit atau gangguan yang dapat menghambat berbagai aktivitas ataupun rutinitas harian. Untuk dapat mengatasinya, anda bisa memanfaatkan daun dadap ayam ini dengan cara dipanaskan pada api kecil atau dijadikan sebagai tapal di area sendi dan nyeri.

5.Melancarkan darah menstruasi

Manfaat dari dadap ayam yang selanjutnya adalah dapat melancarkan darah haid. Penumpukan darah yang kotor pada bagian rahim sebenarnya dapat menghambat kesuburan pada seseorang. Maka untuk itu, Apabila Anda mengalami masalah pada menstruasi dapat memanfaatkan daun dadap ayam dengan cara mengkonsumsinya untuk melancarkan siklus menstruasi.

Sumber: http://www.masalahkesehatanku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*