Khasiat Bandotan Untuk Luka Luar Tubuh Manusia

Bandotan

Khasiat Bandotan Untuk Luka Luar Tubuh-, Bandotan merupakan suatu tanaman yang termasuk ke dalam kategori gulma. Bandotan sendiri memiliki nama ilmiah Ageratum Conyzoides yang masih termasuk ke dalam jenis family anggota suku Asteraceae. Bandotan juga termasuk ke dalam tumbuhan terna karena memiliki batang yang lunak. Tanaman ini berasal dari Amerika tropis khususnya dari daerah Brasil. Tumbuhan ini menyebar pada daerah yang memiliki iklim tropis bahkan bisa juga menjalar pada daerah yuang memiliki iklim sub-tropis.

Tanaman gulma ini diperkirakan datang ke daratan tanah jawa pada tahun 1860 yang dengan mudah menyebar luar ke seluruh pelosok Nusantara. Tanaman gulma ini masuk ke Nusantara sendiri di perkirakan atas pengiriman dari Meksiko. Berarti telah sejak lama tanaman gulma ini mulai masuk ke Nusantara. Nama tanaman ini sendiri bervarian pada berbagai daerahnya.

Baca Juga :  Cengkeh Kandungan Obat Qnc Jelly Gamat

Seperti di daerah Sunda “babandotan”, di daerah jawa “wedusan”, di Madura “dus-bedusan”, di Pontianak Melayu “rumput balam” serta dalam bahasa Inggris memiliki nama yang banyak pula seperti “Billygoat-weed, goat weed, chick weed dan whiteweed”. Nama-nama tersebut tidak terlepas dari kata kambing, karena tanaman gulma tersebut memiliki aroma atau bau yang menyerupai kambing.

Gulma ini memiliki bau yang tajam ini memiliki batang yang tegak dan bercabang tunggal. Selain itu, gulma ini juga memiliki rambut-rambut halus pada setiap bagian batangnya. Batangnya tersebut terletak berseling dan berhadapan, yang memiliki daun hampir menyerupai bentuk bentuk layang-layang yang memiliki tekstur bulu-bulu lembut pada bagian bawah daun. Tanaman ini juga memiliki bunga dengan kuntum yang majrmuk serta berwarna putih pada setiap bagian ujung batang. Tanaman ini sering terlihat tumbuh liar di pesawahan yang telah kering, di ladang, di pekarangan rumah, ditanggul-tanggul air, di tepi sungai, di tepian jalan dan juga wilayah semak belukar.

Kandungan dan Manfaat Bandotan Untuk Luka Luar

Ternyata walaupun tanaman ini dianggap sebagai tanamann gulma, di Bogor sendiri tanaman ini sering digunakan untuk mengatasi luka luar dengan cara menumbuk tanaman bandotan tersebut lalu mencampurkannya dengan minyak gorek dan di balutkan pada luka luar saja. Dilaporkan pada tahun 1987, tanaman bandotan ternyata memiliki kandungan senyawa : minyak essential, minyak asitri (kumarin), dan juga alkaloid. Meskipun demikian ternyata tumbuhan ini juga mengandung racun, makanya di daratan Eropa tanaman bandotan ini ternyata sering digunakan sebagai nematisida dan insektisida.

Selain itu penggunaan bandotan untuk mengatasi luka dalam ternyata tidak disarankan karena sebuah penelitian menemukan bahwa tanaman gulma ini bisa menjadi penyebab adanya luka pada hati dan bisa juga memicu tumbuhnya tumor pada tubuh karena kandungan alkaloid pirolizidina. jadi pada intinya kandungan baik yang terdapat pada tanaman bandotan ini hanya baik digunakan untuk mengatasi luka luar pada bagian tubuh saja karena untuk mencegah resiko besar yang kan seseorang hadapi ketika ia menggunakan tanaman bandotan untuk mengatasi luka dalam.

Demikian penjelasan yang dapat diuraikan dari tema kali ini. semoga bermanfaat dan see you di pembahasan tema yang selanjutnya.

Sumber : www.masalahkesehatanku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*