Kembang Bokor Untuk Kesehatan

Kembang Bokor Untuk Kesehatan

 

Kembang Bokor Untuk Kesehatan,- Kembang bokor seringkali disebut juga dengan bunga hortensia, bunga masamba ataupun bunga tiga bulan. Tanaman ini sendiri merupakan tanaman berbunga yang berasal dari Asia Selatan (Jepang, Indonesia, Tiongkok dan Himalaya), Asia timur, Amerika Selatan dan juga Amerika utara. Dari 70-75 jenis spesies yang ada, yang mendominasi pertumbuhan spesies yang paling banyak ialah di Tiongkok dan Jepang.

Tanaman semak ini kerap kali digunakan sebagai tanaman hias karena keindahannya yang melekat pada bagian bunga majemuk yang berimbun. Tinggi dari tanaman ini bisa mencapai sekitar 1-3 meter, namun ada pula jenis dari tanaman ini yang tumbuh dengan merambat hingga memiliki panjang yang mencapai 30 meter. Helaian daunnya berbentuk langset dengan ujung yang runcing dan tepian bergerigi berwarna hijau.

Kembang bakor sangat menyukai iklim yang sejuk, jadi ia termasuk kedalam jenis tanaman peluruh. Yang akan menggugurkan daunnya pada saat musim kemarau, untuk mengurangi penguapan pada stomata daun tersebut. Dan sebagian besar dari tanaman ini merupakan tanaman yang memiliki warna hijau yang abadi. Bunga majemuknya berbentuk malay yang keluar dari bagian ujung perbatangan yang membentuk rangkaian merimbun bulat seperti sanggul.

Pada wilayah yang memiliki 4 musim tanaman ini akan berbunga pada musim semi dan berakhir pada musim gugur. Karena bentuknya yang merimbun, bunga ini nampak terlihat seperti tidak memiliki kelopak padahal kelopaknya ada hanya tertutupi oleh kerimbunan bunga tersebut. Tanaman ini bisa menghasilkan bunga dengan berbagai varian warna, bergantung pada jenis ph tanah yang ia singgahi.

Ada yang memiliki warna putih, ungu, merah, biru, ping dan yang lainnya. Saat bunga ini masih dalam keadaan kuncup maka yang terlihat hanyalah warna hijau dari kelopak yang menutupi bunga tersebut. Ada baiknya tanaman ini dipangkas setiap kali kuncup bunganya telah terlihat karena untuk menonjolkan keindahan dari bakal bunganya tersebut.

Baca juga: Obat Pengering Luka Herbal

Terlepas dari keindahan tanaman bokor yang terletak pada bagian bunganya. Ternyata tanaman bokor juga memiliki khasiat yang mampu membantu fungsi kesehatan diantaranya ialah untuk :

  • Mengobati penyakit malaria

Dengan memanfaatkan air rebusan kembang bokor dan juga daun murbei (masing-masing 9 gr) ke dalam 600 ml air hingga menyisakan 200 ml air saja. Minumlah 2x sehari.

  • Mengobati penyakit eksim pada kantung zakar

Rebuslah sekitar 9-15 gr tanaman kembang bokor, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci eksim pada kantung zakar tersebut.

  • Menyembuhkan gangguan pada tenggorokan

Gunakan akar yang telah ditambahkan oleh cuka apel untuk berkumur.

  • Menurunkan demam yang tinggi

Gunakan herba tanaman kembang bokor tersebut yang telah ditumbuk untuk dijadikan sebagai kompres.

Demikianlah manfaat dari tanaman kembang bokor yang memiliki bunga yang indah dan juga cara pengolahannya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Sumber: http://www.masalahkesehatanku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*